Sabtu, 1 November 2014

News / Internasional

Banjir dan Longsor di Filipina Tewaskan 34 Orang

Jumat, 17 Januari 2014 | 19:55 WIB
NOEL CELIS / AFP Seorang pria duduk berdoa di pusara keluarganya yang tewas akibat bencana Topan Haiyan yang menhantam wilayah tengah Filipina November lalu. Sejauh ini, pemerintah Filipina menyebutkan lebih dari 6.000 orang dinyatakan tewas akibat bencana tersebut.
KOMPAS.com - Sedikitnya 34 orang tewas oleh banjir dan longsor di wilayah selatan, tengah, dan timur Filipina. Menurut warta AP  pada Jumat (17/1/2014), Badan Penanggulangan Bencana Filipina dalam data termutakhirnya mengatakan kondisi itu disebabkan oleh depresi tropis.

Lembaga itu mengatakan pemicu depresi tropis adalah pergerakan awan hujan yang melambat. Hal itu memicu terjadinya pengumpulan awan hingga membuat hujan deras.

Catatan lembaga itu menunjukkan kalau 7 orang masih hilang sementara 212.000 warga terpaksa mengungsi. Badai tropis itu sendiri melanda 14 provinsi di Filipina.

Lembaga tersebut juga mengatakan kalau wilayah yang pernah terlanda Topan Haiyan juga terkena badai tropis tersebut. Sampai sekarang, jumlah korban tewas Topan Haiyan mencapai 6.200 orang.


Penulis: Josephus Primus
Editor : Josephus Primus