Selasa, 30 September 2014

News / Internasional

Pria Iran Ini Tidak Mandi Selama 60 Tahun

Kamis, 16 Januari 2014 | 15:46 WIB
IRNA/Al Arabiya Amou Haji (80) mengaku tidak pernah mandi selama 60 tahun terakhir karena yakin mandi bisa membuat dirinya sakit.
TEHERAN, KOMPAS.com — Berapa lama Anda tahan tidak mandi? Satu hari? Dua hari? Nah, seorang pria Iran bernama Amou Haji tidak pernah mandi selama 60 tahun terakhir.

Amou Haji (80) tinggal di sebuah goa di desa Dejgah, di wilayah selatan Iran. Dalam bahasa Parsi, "Amou" biasa digunakan anak-anak dan wanita untuk menunjukkan rasa sayang.

Bukan hanya tak pernah mandi, gaya hidup Amou sehari-hari juga bisa dikatakan aneh untuk kebanyakan orang.

Dia menggunakan kotoran hewan sebagai pengganti tembakau dan tak segan memakan bangkai, khususnya landak. Demikian dilaporkan harian Tehran Times, Kamis (16/1/2014).

Mengapa Amou tak pernah mandi? Menurut keyakinannya, mandi dan menjadi bersih justru akan membawa penyakit ke tubuhnya. Saat sekelompok pemuda setempat mencoba memandikannya, Amou justru melarikan diri.

Amou memiliki beberapa tempat tinggal, yaitu sebuah goa yang juga berfungsi sebagai sebuah makam. Tempat tinggal keduanya adalah sebuah gubuk yang dibangun para fans dan mereka yang menaruh simpati kepada Amou.

Meski tidak mandi, Amou sesekali terlihat merapikan janggut dan cambangnya. Dia bahkan memiliki sebuah kaca spion mobil untuk keperluan ini.

Keunikan Amou yang enam dekade tidak mandi ini mengalahkan rekor tidak mandi yang sebelumnya dipegang seorang India, Kailash Singh. Pria 66 tahun itu mengaku tidak mandi selama 38 tahun.


Editor : Ervan Hardoko
Sumber: Al Arabiya