Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangkaian Serangan Bom Hantam Baghdad dan Baquba, 59 Tewas

Kompas.com - 15/01/2014, 23:16 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Serangkaian serangan bom sepanjang Rabu (15/1/2014) di ibu kota Irak Baghdad dan kota Baquba di sebelah utara negeri itu menewaskan sedikitnya 59 orang dan melukai puluhan orang lainnya.

Di Baghdad, enam serangan bom terjadi di kawasan permukiman yang dihuni mayoritas warga Syiah dan dua bom lainnya meledak di kawasan permukiman dengan campuran penduduk dari berbagai kelompok.

Serangkaian serangan bom di Baghdad ini terjadi di kawasan Shula, di mana sebuah bom mobil meledak di dekat sebuah pasar, menewaskan lima orang yang sedang berbelanja dan melukai 12 orang lainnya.

Bom mobil lainnya meledak di kawasan komersial Karrada, menewaskan empat warga sipil dan melukai 14 orang lainnya. Demikian pernyataan kepolisian.

Polisi menambahkan, tiga orang juga tewas dan delapan lainnya terluka dalam serangan bom di sebuah pasar di kawasan Maamil, wilayah timur kota Baghdad.

Serangkaian ledakan bom ini terjadi di tengah kebuntuan antara pasukan militer Irak dan militan Sunni yang menguasai kota Falluja selama lebih dari dua pekan terakhir ini.

Sementara itu, militer Irak kehilangan semakin banyak wilayahnya di provinsi Anbar ketika para pejuang Sunni, termasuk kelompok yang terafiliasi Al Qaeda, merebut dua kawasan kunci saat polisi meninggalkan pos mereka.

Kondisi ini menandai dua hari kemunduran bagi Baghdad saat tengah berupaya merebut kembali wilayah yang sangat dekat dengan ibu kota itu dari tangan militan yang bertahan di Fallujah dan ibu kota Anbar, Ramadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com