Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suhu Lebih Hangat, Petani Durian Australia Untung Besar

Kompas.com - 15/01/2014, 17:31 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Para petani buah durian di wilayah utara Australia tahun ini menikmati hasil panen yang lebih banyak dari biasanya, dikarenakan musim kering yang lebih hangat daripada biasanya.

Musim kering tersebut justru merugikan para petani mangga, namun justru memberikan hasil panen durian yang melebihi perkiraan.

“Kami memproduksi hampir lima ton. Ini musim terbaik yang pernah kami alami,” cerita Han Shiong Siah, yang tengah merampungkan panen duriannya.

Permintaan durian di Australia pun cukup besar. “Buah durian amat digemari di daerah selatan. Di Sydney dan Melbourne, harga jualnya melebihi 20 dollar Australia (Rp 211.000) per kilogram,” ucapnya.

Bagi mereka yang baru pertama kali mencicipi durian, ada saran dari Siah. “Cara makan durian pertama kalinya adalah dengan menghindari baunya. Jadi sumbat hidung anda dan santaplah, karena rasanya menyerupai selai yang manis,” ceritanya.

“Setelah beberapa kali, anda akan suka baunya. Saya kenal ada petani dari Asia yang datang ke sini, dan begitu mereka mencium bau durian mereka akan berusaha mencari, bahkan memanjat pohon untuk mendapatkannya,” kata Siah.

Selain durian, buah-buah lain yang banyak dihasilkan dalam musim panen ini adalah rambutan dan manggis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com