Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yingluck: Tak Suka dengan Pemerintah, Datanglah ke TPS

Kompas.com - 15/01/2014, 16:43 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com - Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra, Rabu (15/1/2014), menyerukan agar para pengunjuk rasa anti-pemerintah meluapkan kemarahan kepada dirinya lewat pemungutan suara.

Yingluck berkeras bahwa satu-satunya jalan untuk menyelesaikan krisis politik yang semakin dalam di Thailand adalah lewat pemilihan umum.

"Jika rakyat tidak lagi menginginkan pemerintahan ini, maka mereka harus datang dan memberikan suara dalam pemilihan umum," ujar Yingluck.

Sebagian besar lawan politik Yingluck tidak menginginkan digelarnya pemilu pada Februari. Mereka khawatir lewat pemilu justru keluarga Shinawatra atau sekutunya yang akan berkuasa di Thailand.

Kelompok oposisi bersikukuh reformasi sistem pemilu harus dilakukan sebelum pemilu yang independen siap digelar setidaknya satu tahun lagi.

Para pengunjuk rasa anti-pemerintah tetap bertekad menjungkalkan pemerintahan lewat cara "melumpuhkan" Bangkok dengan menduduki lokasi-lokasi penting kota itu.

Ketegangan terus meningkat sepanjang Selasa (14/1) malam, ketika dua orang pengunjuk rasa anti-pemerintah ditembak orang tak dikenal di distrik bisnis Bangkok.

Sementara itu, sebuah ledakan kecil mengguncang sebuah rumah yang dimiliki keluarga pemimpin oposisi.

"Kedua insiden itu adalah pertanda revolusi rakyat hampir berhasil," kata pemimpin unjuk rasa Suthep Thaugsauban kepada wartawan.

Pemerintahan perdana menteri Yingluck Shinawatra telah beberapa pekan terakhir menghadapi perlawanan oposisi yang menggelar unjuk rasa di jalan-jalan kota Bangkok.

Kelompok oposisi yang tidak puas dengan pemerintahan Yingluck berniat mendongkel pemerintah dan mendirikan "dewan rakyat" menggantikan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com