Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ariel Sharon Dimakamkan, Israel Siagakan "Iron Dome"

Kompas.com - 13/01/2014, 15:38 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Prosesi pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Isral Ariel Sharon berlangsung di gedung parlemen atau Knesset di Jerusalem, Senin (13/1/2014), dihadiri para petinggi Israel dan negara asing.

Upacara itu dimulai dengan lantunan lagu tradisional Yahudi untuk mengenang orang yang sudah meninggal. Sementara jasad Sharon baru akan dimakamkan pada Senin siang di peternakan milik Sharon di Israel selatan.

"Anda tidak pernah berhenti melayani rakyat, saat mempertahankan negerimu dan membuat negeri ini berkembang," kata Presiden Israel Shimon Peres dalam pidatonya membuka prosesi pemakaman.

"Tanah asalmu kini akan memelukmu dalam kehangatan bab baru sejarah bangsa ini yang sudah engkau tambahkan," lanjut Peres.

Selain Peres, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dan Wakil Presiden AS Joe Biden juga memberikan sambutan.

Sementara itu, angkatan bersenjata Israel menyiagakan sistem pertahanan udara "Iron Dome" untuk mengamankan prosesi pemakaman Ariel Sharon dari kemungkinan serangan roket dari Jalur Gaza.

Stasiun televisi Israel Channel 2 mengabarkan, prosesi pemakaman pemimpin kontroversial itu digelar dalam pengamanan yang sangat ketat.

Ariel Sharon, yang meninggal dunia pada usia 85 tahun setelah selama delapan tahun koma, di mata sebagian besar warga Israel adalah seorang pahlawan.

Namun, bagi bangsa Arab, terlebih lagi bangsa Palestina, Ariel Sharon dianggap sebagai seorang penjahat perang. Bangsa Palestina menganggap Sharon menjadi dalang pembantaian ratusan pengungsi di kamp Sabra dan Shatila, Lebanon, pada 1982.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com