Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Berkuatan 6,5 Guncang Puerto Rico

Kompas.com - 13/01/2014, 14:13 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Gempa bumi berkekuatan 6,5 menggunang kawasan lepas pantai utara Puerto Rico, Senin (13/1/2014), dan bisa memicu datangnya tsunami lokal, kata badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Badan itu mengatakan, gempa yang awalnya dilaporkan berkekuatan 6,4 itu sangat dangkal, yaitu berpusat di kedalaman 27 kilometer di bawah dasar laut. Gempa tersebut terjadi pada pukul 12.01 waktu setempat (11.01 WIB) di sekitar 56 kilometer di utara kota Hatillo.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan, gempa itu bisa memicu tsunami lokal. "Ada kemungkinan kecil tsunami lokal dapat terjadi di pantai-pantai yang terletak tidak lebih dari seratus kilometer dari pusat gempa," kata pusat peringatan tsunami itu dalam imbauannya.

Belum ada laporan tentang adanya kerusakan materi dan korban jiwa.

Hari Minggu merupakan tahun keempat peringatan gempa berkekuatan 7,0 yang menghancurkan Haiti yang menewaskan lebih dari 200.000 orang dan menyebabkan 1,5 juta orang lainnya kehilangan tempat tinggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com