Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Parkir bagi Pengguna Transportasi Umum

Kompas.com - 13/01/2014, 08:21 WIB
Pemerintah Adelaide, Australia, memberikan insentif  bagi pengguna transportasi publik berupa lahan parkir murah di dekat terminal bus antar kota di Modbury, Adelaide. Lahan parkir bersubsidi ini diharapkan bisa mendorong lebih banyak penglaju yang beralih menggunakan transportasi publik.

Proyek  pembangunan lahan parkir murah itu dimulai pada Juli 2012 dan merupakan  bagian dari proyek senilai 17 dollar Australia juta atau sekitar Rp 150 miliar untuk memperbaiki rute bus O-Bahn.

Gedung parkir 5 lantai itu akan  mulai dioperasikan  senin (13/1/2014). Para penglaju mendapatkan diskon tarif parkir sebesar 2 dollar atau sekitar Rp 20.000 jika menunjukan kartu debit transportasi (Metrocard) yang masih berlaku di pintu keluar.

Sementara bagi pengguna yang tidak menunjukan kartu pengguna transportasi publik harus membayar dengan tarif normal yakni 10 dollar per hari.

Pejabat sementara Menteri Transportasi, Adelaide, Tony Piccolo mengatakan gedung parkir bersubsidi seperti ini merupakan proyek yang pemerintah harapkan dapat didanai dari pajak parkir mobil di kawasan bisnis di Adelaide. Pajak tersebut masih berupa usulan namun sudah menuai kontroversi.

"Subsidi parkir ini tidak didanai oleh retribusi dari pemerintah tetapi pasti ada semacam hal yang kita akan perlu antisipasi dan pemerintah Adelaide memastikan akan membangun fasilitas seperti ini lagi di lokasi yang tepat guna memperbaiki layanan bagi orang-orang yang menggunakan transportasi umum, "katanya.

Piccolo berharap  sarana parkir bersubsidi seperti ini akan semakin mendorong banyak penglaju untuk beralih menggunakan transportasi publik dan memberikan pilihan parkir yang lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com