Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelaparan, 48 Pengungsi Palestina di Suriah Tewas

Kompas.com - 12/01/2014, 10:08 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Kelaparan yang terjadi di kamp pengungsi Palestina yang terkepung di sebelah selatan Damaskus, Suriah menelan lagi dua nyawa, sehingga menjadikan keseluruhan korban jiwa menjadi 48 orang. Demikian pernyataan sebuah kelompok oposisi Suriah, Sabtu (11/1/2014).

Komisi Umum Revolusi Suriah (SRGC), koalisi 40 kelompok oposisi, mengatakan persediaan makanan dan obat-obatan di kamp pengungsi Yarmouk setelah 180 hari dikepung pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad.

SRGC menuduh rezim Suriah karena tak mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki kamp pengungsi yang dihuni sekitar 20.000 warga Palestina.

Para aktivis Palestina dan sejumlah jurnalis  bereaksi dengan meluncurkan kampanye untuk menekan pemerintah mereka membantu para pengungsi yang kelaparan.

"Lebih dari 60 stasiun televisi, radio dan media massa lain bekerja untuk mengabarkan apa yang terjadi di Suriah," kata seorang aktivis dan jurnalis Palestina, Rami Mahdawi.

"Terjadi protes di beberada daerah dan kota (di wilayah Palestina). Para pengunjuk rasa berjalan menuju markas Otorita Palestina mendesak penyelamatan Yarmouk," tambah Mahdawi.

Sejauh ini, upaya yang dilakukan para pejabat Palestina yang mendesak pemerintah Suriah untuk melonggarkan pengepungan belum membuahkan hasil.

Sejak 1957, kam pengungsi seluas 2,1 kilometer persegi itu menjadi tempat tinggal para pengungsi Palestina yang dipaksa meninggalkan kampung halaman mereka oleh Israel.

Pasukan pemerintah Suriah mengepung kamp Yarmouk karena sejumlah kelompok Palestina bergabuung dengan pasukan pemberontak yang memerangi Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com