Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Meksiko Temukan Tiga Potongan Kepala Anggota Kartel

Kompas.com - 10/01/2014, 18:13 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com — Tiga potongan kepala yang diduga adalah bagian tubuh anggota kartel obat terlarang Zetas ditemukan di dalam bagasi sebuah mobil di negara bagian Veracruz, Meksiko. Demikian pejabat setempat menjelaskan, Kamis (9/1/2014).

Selain tiga kepala itu, polisi juga menemukan sebuah catatan yang berisi kartel obat bius Jalisco Nueva Generacion mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan sadis itu.

"Hal ini akan menimpa semua anggota Z yang terus menculik dan merampok orang tak bersalah," demikian isi catatan itu menurut keterangan polisi.

Pada akhir Desember lalu, lima jasad termutilasi ditemukan di negara bagian Michoacan, juga bersama catatan dari kelompok Jalisco Nueva Generacion, yang memperebutkan kendali di negara bagian itu menghadapi rivalnya Knights Templar dan La Familia Michoacana.

Masih di bulan Desember, jasad tiga perempuan dan empat laki-laki ditemukan di sejumlah makam di pantai Veracruz, yang merupakan kota pelabuhan utama Meksiko.

Veracruz adalah satu satu negara bagian Meksiko yang paling parah terdampak kekerasan terkait perdagangan obat terlarang.

Di negara bagian itu, kartel Zetas diketahui kerap melakukan penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan selain perampokan dan penyelundupan warga Meksiko ke Amerika Serikat.

Dalam tujuh tahun terakhir kekerasan terkait kasus-kasus perdagangan obat bius sudah mencabut sedikitnya 77.000 nyawa warga Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com