Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dennis Rodman Minta Maaf soal Kenneth Bae

Kompas.com - 09/01/2014, 18:36 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Mantan pemain bola basket Amerika Serikat, Dennis Rodman, meminta maaf atas pernyataannya mengenai Kenneth Bae, misionaris Amerika Serikat yang dipenjarakan di Korea Utara.

Rodman meminta maaf setelah mengucapkan kata-kata yang tidak pantas untuk Kenneth Bae, warga Amerika Serikat yang ditahan Korea Utara.

Komentar itu dikeluarkan Rodman ketika menjawab wawancara televisi apakah ia akan mengangkat masalah Bae. Kini Rodman meminta maaf atas pernyataannya.

"Saya mengalami hari yang sangat menegangkan. Sebagian teman saya pulang karena mendapat tekanan dari keluarga dan rekan bisnis," kata mantan bintang basket itu.

Ia berada di Korea Utara bersama para mantan pemain basket Amerika untuk mengadakan pertandingan ekshibisi dalam rangka ulang tahun pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Pada hari ulang tahun kemarin, tim Rodman bermain melawan tim Korea Utara dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Kim Jong Un.

"Mimpi saya melakukan diplomasi bola basket dengan cepat runtuh. Saya banyak minum. Itu bukan alasan, tetapi ketika wawancara saya marah," tutur Rodman.

Rodman menjadi teman dekat Kim Jong Un dan menyebut kunjungannya ke Korea Utara sebagai diplomasi bola basket.

Akan tetapi, sejumlah pejabat Amerika Serikat mengecam tindakan Rodman karena dinilai mengabaikan catatan hak asasi manusia Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com