Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kereta Pengangkut Minyak Terguling dan Terbakar di Kanada

Kompas.com - 09/01/2014, 07:01 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

PLASTER ROCK, KOMPAS.com — Lagi, sebuah kereta barang bermuatan minyak mentah dan propana tergelincir lalu terbakar di Kanada, Selasa (7/1/2014) malam. Sekitar 150 warga mengungsi. Kecelakaan serupa terjadi beberapa bulan lalu dengan banyak korban jiwa dan kerugian besar.

Pejabat setempat, Rabu (8/1/2014), mengatakan bahwa 17 gerbong kereta anjlok dalam insiden tersebut. Lima gerbong di antaranya memuat minyak mentah dan empat gerbong lain mengangkut bahan bakar gas cair.

Pada Rabu, pejabat dari otoritas perkeretaapian Kanada mengatakan, dua gerbong terbakar, masing-masing mengangkut gas cair dan minyak mentah. Namun, insiden ini terjadi di kawasan yang jarang penduduk, sekitar 32 kilometer dari perbatasan dengan Amerika Serikat.

Meski tak ada korban jiwa, insiden tersebut mengungkit kembali kekhawatiran atas risiko penggunaan kereta api untuk distribusi minyak di wilayah Amerika Utara. Pada Juli 2013, 47 orang tewas di Lac-Megantic, Quebec, Kanada, setelah kereta pengangkut minyak terguling dan terbakar habis di lintasan yang berada tepat di tengah kota itu. Pada 30 Desember 2013, insiden serupa terjadi pula di North Dakota.

Juru Bicara National Railway Kanada, Mark Hallman, mengatakan bahwa dua gerbong bermuatan minyak mentah berangkat dari Northern Alberta, sementara tiga gerbong lain berasal dari Manitoba. Kelima gerbong itu seharusnya dikirim ke kilang Irving Oil di Saint John, New Brunswick.

Kereta api telah menjadi urat nadi distribusi bahan bakar minyak di kawasan Amerika Utara. Pada 2011, sekitar 68.000 gerbong kereta bermuatan minyak mentah dan bahan bakar lain melintasi jalur rel Kanada. Angkanya melonjak menjadi 113.000 gerbong pada 2012. Data terbaru, untuk periode Januari sampai September 2013, gerbong bermuatan bahan bakar tersebut sudah naik menjadi 118.000 unit.

Pada November 2013, pemerintah federal meminta operator kereta untuk menyampaikan pengumuman ke kota-kota yang akan dilintasi kereta bermuatan bahan berbahaya. Pemerintah provinsi dan federal di Kanada juga menuntut hal tersebut sebagai bagian dari transparansi perusahaan operator kereta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com