Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brisbane Dinobatkan Kota Terkeren di Australia

Kompas.com - 08/01/2014, 09:55 WIB
Buku panduan perjalanan Lonely Planet, yang dianggap sebagai kitabnya para pelancong dunia, menyebut kota Brisbane di Queensland sebagai "kota paling keren di Australia". Brisbane digambarkan artistik, memiliki restoran-restoran dan kopi yang sedap, serta kehidupan malam yang semarak.

Hal ini disebut dalam edisi buku panduan berwisata di Australia terbaru.

Penilaian ini boleh jadi mengagetkan warga Sydney dan Melbourne yang telah lama dianggap menjalani hidup yang lebih gaya dan kaya budaya.

Namun, menurut penulis Lonely Planet, Charles Rawlings-Way dan Meg Worby, yang justru bukan berasal dari Negara Bagian Queensland, mengatakan, Brisbane boleh jadi merupakan kota paling gaya, tetapi juga diremehkan di Australia.

Menurut mereka, ada budaya subkultur yang tersembunyi di Brisbane.

"Dengan toko-toko buku keren, restoran dengan inspirasi global, kafe, bar, dan tempat pertunjukan band yang banyak sekali," kata para penulis.

Mengutip daya tarik Sungai Brisbane, buku panduan itu menggambarkan Brisbane sebagai "kumpulan desa-desa urban, masing-masing dengan gaya dan topografi yang berbeda".

Panduan itu merekomendasikan pengunjung agar "pindah dari desa ke desa dan merasakan pengalaman yang beragam, eksentrik, ibu kota yang hidup".

Mahasiswa Brisbane dan pemain skateboard Jake Grindrod sempat merasa terkejut dengan "penobatan" ini.

"Benarkah? Saya sempat mengira (gelar terkeren) pasti diberikan untuk Melbourne, tetapi baguslah," ungkapnya.

"Saya memang sadar kalau kami memang terkeren di BrisVegas," lanjutnya lagi.

Wali Kota Graham Quirk menyatakan senang bahwa Lonely Planet juga menyenangi  Brisbane.

Dia mengatakan dunia akan menyadari pesona kota itu pada bulan November nanti saat para pemimpin negara G-20 berkumpul di pusat konvensi di South Bank.

"Brisbane adalah Kota Dunia Baru, dengan iklim subtropis, banyak tempat makan di luar ruangan, ruang hijau, galeri seni kelas dunia, dan acara-acara besar," kata anggota Dewan Quirk.

Selain dianggap keren oleh Lonely Planet, menurut Biro Statistik Australia, Brisbane mengalami tingkat pertumbuhan terbesar kedua setelah Perth.

Namun, menurut para aktivis pembela konsumen, ada sisi lain dari pertumbuhan ini.

Situs Expatistan baru-baru ini menobatkan Brisbane sebagai kota paling mahal ke-13 di dunia, melebihi Tokyo (19), dan juga Melbourne (18). Hal ini ditetapkan oleh Indeks Biaya Hidup situs tersebut.

Indeks terebut membandingkan biaya-biaya hidup, seperti sewa rumah, tiket menonton film, transportasi, belanja, dan keanggotaan di gym.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com