Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dennis Rodman: Bagi Saya, Kim Jong Un Orang Baik

Kompas.com - 06/01/2014, 16:03 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Mantan bintang basket NBA, Dennis Rodman, Senin (6/1/2014), meninggalkan Beijing menuju Korea Utara bersama tim "pensiunan" pebasket untuk meramaikan pesta ulang tahun pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Ini adalah perjalanan keempat Rodman ke Korea Utara. Di Pyongyang, Rodman dan rekan-rekannya sesama mantan bintang NBA dijadwalkan menggelar pertandingan persahabatan tepat pada hari ulang tahun Kim Jong Un yang diyakini jatuh pada Rabu (8/1/2014).

Kepada wartawan di bandara Beijing, Rodman mengatakan, dia tidak akan menyinggung masalah politik dan mencampuri urusan dalam negeri Korea Utara.

"Banyak yang mengatakan Korea Utara seperti negeri komunis lainnya melarang orang luar berkunjung ke negeri itu," kata Rodman.

"Satu-satunya hal yang saya ketahui, bagi saya, dia (Kim Jong Un) adalah orang baik," ujar Rodman.

"Apa pun yang dilakukannya terkait kebijakan politik bukan urusan saya. Saya hanya seorang atlet, pribadi yang ingin pergi ke sana dan memberi sesuatu untuk dunia. Itu saja," Rodman menegaskan.

Wartawan sempat menanyakan pendapat mantan bintang Chicago Bulls itu terkait sejumlah kalangan yang mengkritik kunjungannya ke negeri tertutup itu.

"Apakah mereka akan menembak saya? Apakah mereka akan menembak saya? Ayolah," kata Rodman ringan.

Kunjungan terakhir Rodman ini tak berselisih jauh dengan eksekusi Jang Song Taek, paman Kim Jong Un, pada Desember lalu.

Dalam kunjungan sebelumnya, Rodman mendapat kesempatan makan malam bersama Kim Jong Un. Namun, dalam kunjungan ketiganya ke Korea Utara, Rodman tidak bertemu Kim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com