Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan Al Qaeda Meninggal Dunia dalam Tahanan Militer Lebanon

Kompas.com - 05/01/2014, 04:11 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Seorang komandan senior kelompok militan yang terkait Al Qaeda meninggal dunia, Sabtu (4/1/2014), beberapa hari setelah menghuni tahanan Angkatan Darat Lebanon.

Sumber-sumber militer dan kehakiman Lebanon mengatakan Majid al-Majid, warga Arab Saudi yang adalah pemimpin Brigade Abdullah Azzam, meninggal dunia karena menderita gagal ginjal.

Pria yang menduduki peringkat ke-85 dalam daftar orang paling dicari pemerintah Arab Saudi itu ditahan militer Lebanon di sebuah lokasi rahasia.

Seorang petugas medis yang pernah merawat Majid tanpa mengetahui identitas pasiennya mengatakan, Majid menderita gagal ginjal dan harus melakukan cuci darah secara rutin.

"Pada 27 Desember lalu, rumah sakit yang biasa merawat Majid menghubungi palang merah untuk membantu pemindahan Majid ke rumah sakit lain," kata sumber itu.

Namun, sebelum Majid tiba di rumah sakit yang dituju, intelijen militer Lebanon mencegat ambulans yang membawa Majid dan langsung menahan pria itu.

Brigade Abdullah Azzam pimpinan Majid adalah kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom di Kedubaes Iran di Beirut pada November tahun lalu yang menewaskan sedikitnya 23 orang itu.

Majid juga diyakini bertanggung jawab atas sejumlah serangan di seluruh kawasan Timur Tengah, sebelum memfokuskan operasinya di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com