Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi China Sita 3 Ton Ekstasi di Sebuah Desa

Kompas.com - 03/01/2014, 21:36 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sebanyak 3.000 polisi China dengan dukungan kapal cepat dan helikopter menggerebek sebuah desa di bagian selatan negeri itu yang dikatakan sebagai pusat produksi pil ekstasi.

Polisi berhasil menyita tiga ton narkoba dan menangkap 182 orang tersangka setelah mengepung Desa Boshe, Provinsi Guangdong.

Wakil Direktur Departemen Keamanan Umum Provinsi Guangdong mengatakan "perusahaan" keluarga di kawasan itu memproduksi sepertiga pil ekstasi yang beredar di seluruh China.

"Usaha ini menjadi operasi keluarga yang melibatkan para saudara laki-laki, saudara perempuan, anggota keluarga lain dan teman-teman dan menjadi industri di desa ini," kata Guo Shaobo, dalam konferensi pers.

Sebuah surat kabar setempat melaporkan kepala desa dan kepala kepolisian setempat diperkirakan terlibat dan telah ditangkap.

Penduduk Desa Boshe menentang pemerintah China selama bertahun-tahun dengan memblokade pintu gerbang desa dengan berbagai sepeda motor ketika muncul kabar polisi akan melakukan razia.

Pihak berwenang China secara rutin melakukan operasi terhadap jaringan narkoba tetapi, menurut para wartawan, tidak biasanya mereka menerjunkan petugas dalam jumlah besar dengan sasaran satu desa saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com