Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Chaparrastique di El Salvador Meletus

Kompas.com - 30/12/2013, 04:39 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters

SAN SALVADOR, KOMPAS.com — Gunung Chaparrastique di bagian timur El Salvador mengeluarkan awan panas tinggi, Minggu (29/12/2013). Warga meminta pemerintah menyediakan tempat pengungsian.

Belum ada korban jatuh yang dilaporkan di wilayah yang dikenal sebagai sentra produksi kopi tersebut. Otoritas perlindungan sipil setempat mengatakan, mereka akan mengevakuasi warga sejauh tiga kilometer dari gunung, ke tempat penampungan darurat.

"Evakuasi akan langsung dimulai, begitu letusan terjadi," kata pejabat perlindungan sipil, Armando Vividor. Di kawasan tersebut setidaknya terdapat 5.000 warga.

Lontaran debu vulkanik turut tersembur bersama awan panas, menyebar terbawa angin sampai radius 140 kilometer dengan bau belerang menggantung di kota-kota terdekat. Otoritas setempat meminta warga menggunakan masker basah untuk melindungi pernapasan.

Santos Osorio dari serikat petani kopi mengatakan, abu vulkanik juga menimpa perkebunan kopi setempat, tetapi tingkat kerusakan yang ditimbulkan belum diketahui.

Sebelumnya, kopi El Salvador sudah terserang wabah karat daun yang berdampak pada penurunan produksi produsen kopi terbesar kelima di Amerika Tengah ini.

El Salvador memiliki 23 gunung berapi aktif. Gunung Chaparrastique merupakan salah satu gunung terakhir, dengan setidaknya 26 letusan tercatat dalam 500 tahun terakhir.

Letusan terakhir sebelum sekarang terjadi pada 1976, meski pada 2010 gunung ini sempat pula mengeluarkan lava pijar dan memicu gempa besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com