Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri di Stasiun Rusia Tewaskan 16 Orang

Kompas.com - 30/12/2013, 01:33 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

MOSKWA, KOMPAS.com — Aksi bom bunuh diri oleh seorang perempuan di stasiun kereta api Volgograd, Rusia, Minggu (29/12/2013), menewaskan 16 orang. Pelaku diduga "janda hitam".

Perempuan yang sampai sekarang belum diketahui identitasnya itu menarik lepas pemicu bom saat dihentikan polisi karena tak lolos pemeriksaan detektor logam. Saat itu, stasiun penuh sesak oleh orang-orang yang hendak bepergian merayakan tahun baru.

Rekaman kamera di dekat lokasi ledakan memperlihatkan bola api oranye di pintu depan dan jendela batu abu-abu dari gedung berlantai tiga tersebut. Asap pekat membumbung menyusul seiring orang-orang berhamburan di jalanan yang diguyur hujan.

Juru Bicara Komite Investigasi Rusia Vladimir Markin mengatakan, para pejabat telah memulai penyelidikan atas teror paling mematikan di Rusia dalam tiga tahun terakhir ini. "Seorang pengebom bunuh diri mendekati detektor logam, terlihat gugup saat melihat polisi, dan memicu peledak," kata Markin dalam siaran televisi setempat.

Tim medis dan polisi mengatakan, 16 orang tewas dan 45 lainnya terluka akibat ledakan setara 10 kilogram TNT tersebut. Situs lifenews.ru merilis gambar terduga pelaku peledakan yang juga tewas. Situs tersebut kemudian mengidentifikasi perempuan itu sebagai Oksana Aslanova.

Aslanova diduga merupakan salah satu "janda hitam", janda dari para anggota militan yang tewas dalam pertempuran dengan pasukan Rusia di kawasan Kaukasus Utara. Para janda tersebut membalaskan kematian suaminya dengan melakukan serangan yang menyasar warga sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com