Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, 18 Imigran Haiti Tewas di Laut

Kompas.com - 26/12/2013, 05:14 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

MIAMI, KOMPAS.com - Delapan belas orang yang diduga imigran gelap tewas, Rabu (25/12/2013), ketika kapal mereka terbalik di perairan Kepulauan Turks dan Caicos di Samudera Atlantik.

Informasi itu disampaikan oleh otoritas yang menangani wilayah luar negeri Pemerintah Inggris di Bahama. Insiden terjadi pada Rabu dini hari, saat perahu dicegat polisi dan ditarik ke dermaga.

Dari kapal itu, 32 orang bisa diselamatkan dan dibawa ke tempat penahanan imigrasi. Pencarian korban lain terus dilakukan, melibatkan pasukan penjaga pantai Amerika Serikat untuk membantu pemerintah Kepulauan Turks dan Caicos.

Para imigran diduga berasal dari Haiti, negara termiskin di belahan barat bumi setelah gempa meluluhlantakkan negara pulau itu pada 2010. Gempa tersebut menewaskan 250.000 orang dan menumbangkan ekonominya.

Sesudah itu kapal tak layak kerap mengangkut para imigran Haiti menuju Bahama dan Amerika Serikat. Bulan lalu, sekitar 30 migran Haiti tewas setelah kapal barang yang kelebihan beban terbalik di Bahama.

Stern Lolo, Direktur Kantor Migrasi Nasional Haiti, mengatakan pemerintah mencoba  mencegah para migran nekat menyeberang lautan. Kampanye pun digalakkan lewat informasi publik di radio. Namun, ujar Lolo, instansinya bahkan tak punya kapal patroli untuk bisa benar-benar efektif mencegah warga nekat menyeberangi samudera.

Lebih dari 170.000 warga Haiti masih tinggal di tenda-tenda dan penampungan darurat, empat tahun setelah gempa hebat itu. Risiko penyakit dan badai menjadi tantangan mereka sehari-hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com