Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Terjebak di Lautan Beku Antartika

Kompas.com - 25/12/2013, 22:47 WIB


Puluhan penumpang kapal pesiar MV Akademik Shokalskiy yang tengah melakukan pelayaran Spirit of Mawson (Semangat Mawson) terpaksa merayakan Hari Natal dalam kondisi terjebak di bongkahan es.

Kapal pesiar yang mereka tumpangi terjebak di perairan beku Antartika di Kutub Selatan.

Kapal buatan Rusia itu terjebak sekitar 1.500 mil laut di Hobart Selatan, dekat pangkalan militer Perancis di pinggir Antartika.

Kapal yang mengangkut 74 orang penumpang yang terdiri dari ilmuwan, turis, petualang, dan wartawan Guardian itu terjebak pada Rabu (25/12/2013) dini hari. 

Tapi tampaknya butuh waktu sekitar 2 hari menunggu kapal pemecah es tiba bisa tiba di sana melakukan pertolongan.

Andrea Hayward-Maher dari Badan Keamanan Transportasi Laut Australia mengatakan kapal itu terjebak di daerah yang cukup terpencil.

"Untuk saat ini kondisi mereka aman, tapi kami terus memantau secara dekat kondisi kapal dan penumpangnya. Kita juga mempersiapkan langkah tanggap darurat untuk mengantisipasi memburuknya kondisi kapal pesiar itu," katanya.

"Kapal pesiar itu juga tidak mengalami kerusakan untuk saat ini dan muda-mudahan saja kita bisa segera memecah bongkahan es disana agar penumpang bisa dipindahkan jika memang langkah itu diperlukan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com