Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Terjerat Kasus Korupsi, Dua Menteri Turki Mengundurkan Diri

Kompas.com - 25/12/2013, 19:51 WIB


Menteri Ekonomi Turki Zafer Caglayan dan Menteri Dalam Negeri Muammer Guler mengundurkan diri setelah anak-anak mereka ditangkap terkait penyelidikan kasus korupsi di bank negara.

Anak-anak kedua pejabat itu merupakan di antara 24 orang yang secara resmi diselidiki pekan lalu atas tuduhan menerima suap atau memfasilitasi suap. Selain anak-anak menteri, direktur Bank Halkbank juga sedang diselidiki.

Zafer Caglayan dan Muammer Guler tidak secara langsung terlibat dalam skandal ini. Mereka juga menegaskan bahwa putra-putra mereka tidak bersalah.

Putra Caglayan, Kaan, dan putra Guler, Baris, juga menepis tudingan terlibat dalam penyuapan terkait dengan proyek pembangunan perkotaan dan alokasi pemberian izin pembangunan.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengutuk penyelidikan kasus korupsi tersebut dan menyebutnya sebagai operasi kotor terhadap pemerintah pimpinannya.

Bahkan, akibat bergulirnya kasus tersebut, Erdogan memecat 25 komandan polisi yang terlibat penyelidikan.

Kubu oposisi sebelumnya menuntut agar menteri dalam negeri dan menteri ekonomi mundur.

Para analis politik berpendapat, penangkapan sejumlah orang di dekat lingkaran pemerintah dan disusul dengan pemecatan sejumlah perwira polisi akan mengguncang partai meskipun tidak sampai kehilangan kekuasaan.

Recep Tayyip Erdogan memegang tampuk kekuasaan pada 2002 setelah Partai AK yang dipimpinnya memenangkan pemilu. Sentimen anti Erdogan menguat sejak kasus skandal korupsi diungkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com