Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal Gelap di Amerika dan Kanada

Kompas.com - 25/12/2013, 07:15 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP

AUGUSTA, KOMPAS.com — Lebih dari 500.000 rumah dan kantor masih gelap gulita tanpa listrik, Selasa (24/12/2013), di bagian tengah dan timur laut Amerika Serikat dan Kanada. Listrik padam sejak akhir pekan lalu setelah es dan badai salju menerpa seluruh wilayah tersebut. Setidaknya 14 orang tewas akibat badai ini.

US National Weather Service mengatakan, lebih banyak salju diperkirakan akan bergeser ke Northern High Plains dan Central Rockies sebelum bergulir ke Great Lakes dan Midwest pada Rabu (25/12/2013) pagi waktu setempat.

Sedangkan di Kanada, polisi mengatakan, dua orang meninggal di Ontario karena keracunan karbon monoksida setelah menggunakan generator gas untuk memanaskan rumah mereka. Rumah mereka berada di permukiman yang mengalami "blackout" di kawasan timur laut Toronto.

Pejabat di Toronto mengatakan, sekitar 90.000 pelanggan masih belum mendapat aliran listrik pada Selasa. Angka tersebut sudah jauh berkurang dari angka 300.000 rumah yang terputus aliran listriknya pada akhir pekan lalu. Para pejabat memperkirakan sebagian rumah masih akan mengalami kegelapan hingga setelah Natal.

Daerah yang tak mendapatkan aliran listrik di Kanada ini berada di kawasan yang pada Selasa juga mendapat peringatan akan mengalami suhu jauh di bawah titik beku. Beberapa negara bagian Amerika Serikat terus membuka penampungan darurat bagi warga dari daerah yang terputus aliran listriknya.

Di Maine, pelanggan yang harus melewati Natal tanpa listrik terus melonjak menjadi lebih dari 100.000 rumah pada Selasa. Central Maine Power Co telah mengirim lebih dari 1.000 pekerja untuk berupaya segera mengembalikan aliran listrik ke seluruh negara bagian ini.

Kondisi serupa terjadi di Michigan, dengan Jackson merupakan wilayah basis konsumen energi terbesar di negara tersebut. Listrik padam di Jackson merupakan yang pertama kali terjadi dalam sejarah 126 tahun kehadiran kota itu.

Badai es dan salju yang menghantam Amerika Serikat dan Kanada pada Sabtu (21/12/2013) malam memadamkan listrik bagi 17 persen dari 1,8 juta pelanggan di Michigan. Hingga Selasa, listrik belum kembali mengalir ke 157.000 rumah pelanggan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com