Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manuver Pilot Sebabkan Pesawat Jatuh di Mozambik

Kompas.com - 23/12/2013, 04:27 WIB

Lembaga penerbangan sipil Mozambik mengatakan, kecelakaan pesawat yang menewaskan 33 orang penumpang disebabkan oleh pilot.

Pesawat milik maskapai Mozambican Airlines meninggalkan ibu kota Maputo menuju ke Angola pada 29 November, tetapi mengalami kecelakaan di atas udara Namibia, dan menewaskan seluruh penumpang dan kru.

Kepala lembaga penerbangan sipil Mozambik, Joao Abreu, mengatakan, investigasi awal menunjukkan pilot "dengan sengaja melakukan serangkaian manuver" yang menyebabkan kecelakaan.

Investigasi masih dilanjutkan oleh lembaga tersebut.

Abreu tidak menyebutkan apa yang menjadi motivasi pilot, Hermino dos Santos Fernandes, untuk melakukan manuver tersebut.

"Dos Santos Fernandes mengabaikan suara peringatan dan memukul pintu ruang kokpit yang terdengar dalam rekaman yang diambil dari pesawat," kata Abreu.

Pesawat tersebut merupakan salah satu armada terbaru milik maskapai Mozambican Airlines.

Mozambican Airlines dilarang terbang ke Uni Eropa pada 2011 bersama dengan maskapai lain yang mendapat sertifikasi di Mozambik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com