Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa JK Rowling Ganti Nama Jadi Robert Galbraith?

Kompas.com - 22/12/2013, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di novel terbaru berjudul The Cuckoo's Calling, JK Rowling mengganti namanya menggunakan nama alias sebagai Robert Galbraith. Apa alasannya?

Menurut penerjemah buku-buku Harry Potter, Siska Yuanita, alasan utama JK Rowling merubah namanya jadi Robert Galbraith, karena beberapa faktor. Namun faktor utamanya JK Rowling ingin mengubah kesan pembaca karena sudah lama dikenal menulis novel Harry Potter.

"Dia ingin menghilangkan identitasnya yang melekat secara psikologis untuk bebas menulis tokoh yang yang baru," ujar Siska dalam peluncuran buku The Cuckoo's Calling di toko buku Gramedia Gandaria City, Minggu (22/12/2013).

Sebagai penerjemah handal, Siska mengaku sangat menyukai semua serial buku Harry Potter. Menurut Siska, JK Rowling selalu berhasil menghidupkan semua karakter yang diciptakannya.

"Pintar menciptakan karakter yang kuat. Dia jago menggambarkan suasana, sehingga bisa hidup," ungkap Siska.

The Cuckoo's Calling menceritakan sebuah pembunuhan yang harus diungkapkan secara ilmiah oleh seorang detektif bernama Connor Strike. Karena itu, Siska menilai jika Harry Potter untuk bacaan anak-anak sampai remaja, The Cuckoo's Calling pasarnya untuk anak remaja sampai dewasa.

"The Cuckoo's Calling novel misteri untuk dewasa, karena itu juga JK Rowling membuat nama alias," jelas Siska.(Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com