Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Ilegal Myanmar di Muangthai Dapat Perlakuan Khusus

Kompas.com - 22/12/2013, 10:56 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Para pekerja ilegal Myanmar yang mencari nafkah di Muangthai alias Thailand mendapat perlakuan khusus. Kebijakan itu adalah permintaan dari kelompok pekerja migran dan Kedutaan Besar Myanmar di Negeri Gajah Putih, tulis laman Bangkok Post dan The New Light of Myanmar pada Minggu (22/12/2013).

Kementerian Tenaga Kerja Thailand membuat kerja sama terkait resolusi kabinet untuk tidak menangkap para pekerja tersebut yang sudah melewati masa empat tahun bekerja. Bagi mereka, masih tersedia kebijakan 180 hari untuk melengkapi surat-surat resmi ke Kedubes Myanmar itu.

Kerja sama kedua negara itu juga terkait dengan rilis visa bagi para imigran Myanmar. " Kami sudah membicarakan hal ini dengan pihak Myanmar," kata pernyataan Biro Imigrasi Thailand.

Pada 21 Oktober 2013, otoritas Myanmar mengeluarkan paspor biasa untuk para pekerja Myanmar yang akan bekerja di Thailand. Nantinya, para pekerja bisa membuat paspor di lima kota yakni Kawthoung, Htikhi, Mawtaung, Myawaddy, dan Tachileik di samping pembuatan paspor di Kedubes Myanmar di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com