Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibi Pemimpin Korut Dirawat di Luar Negeri

Kompas.com - 20/12/2013, 11:34 WIB
SEOUL, KOMPAS.COM - Bibi pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, tampaknya telah kembali ke rumah bulan lalu setelah mendapat perawatan di luar negeri untuk penyakit jantung, kata sebuah laporan, Jumat (20/12).

Keberadaan dan status Kim Kyong-Hui menjadi fokus perhatian media setelah suaminya, Jang Song-Thaek, dieksekusi pekan lalu dalam pergolakan politik terbesar sejak Kim Jong-Un mewarisi kekuasaan dua tahun lalu.

"Setahu saya, Kim Kyong-Hui mendapat perawatan untuk penyakit jantung dan telah kembali ke Korea Utara bulan lalu," kata seorang sumber diplomatik di Beijing kepada kantor berita Yonhap.

Tidak ada indikasi di mana dia dirawat. Namun sejumlah laporan sebelumnya mengatakan, perempuan itu telah mencari pengobatan di Singapura dalam beberapa kesempatan sebelumnya. Janda Jang itu menjadi berita media pemerintah pekan lalu saat dia menghadiri sebuah acara resmi. Kehadirannya itu menunjukkan bahwa dia selamat dari pembersihan terkait kasus yang menimpa Jang.

Namun dia tampaknya melewatkan peristiwa politik penting pada Selasa, yaitu ulang tahun kedua kematian kakaknya dan mantan pemimpin Korut, Kim Jong-Il.

Eksekusi terhadap Jang menimbulkan pertanyaan tentang pertikaian antar faksi di puncak hirarki Pyongyang dan memicu Seoul dan Washington untuk memberi peringatan tentang kemungkinan tindakan provokatif Korea Utara yang memiliki senjata nuklir.

Jang dan istrinya pernah dianggap sedang memainkan peran kunci dalam memperkuat kepemimpinan pemimpin muda dan tidak berpengalaman itu. Namun Kim Kyong-Hui (67 tahun) sudah jarang  terlihat dalam satu tahun terakhir. Sejumlah laporan mengatakan, dia sakit parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com