Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaudaraan, Alasan Rusia Bantu Ukraina

Kompas.com - 19/12/2013, 17:02 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, alasan membantu Ukraina secara finansial adalah persaudaraan. "Rusia harus membantu Ukraina karena hubungan persaudaraan yang dekat," kata Putin dalam konferensi pers di Moskwa sebagaimana warta AP  pada Kamis (19/12/2013).

Pada Selasa lalu, Rusia dan Ukraina menyepakati bantuan dana talangan 15 miliar dollar AS. Tak cuma itu, Rusia akan menjual gasnya ke Ukraina dengan banderol lebih murah. Harga 1000 meter kubik gas Rusia ke Ukraina 268,5 dollar AS. Harga jual gas sebelumnya adalah 400 dollar AS per 1000 meter kubik.

Lebih lanjut, Vladimir Putin mengatakan bantuan untuk Ukraina membuat pasar Rusia tetap terjaga. "Sementara, kalau Ukraina menanti bantuan dari Uni Eropa, butuh banyak dana dan waktu untuk penyesuaian standard,"kata Putin.

Putin menambahkan, Mokswa tidak menentang andai Ukraina bekerja sama dengan Uni Eropa. "Tapi, Rusia mesti menjaga pasarnya kalau Ukraina membuka perbatasannya untuk barang-barang dari Uni Eropa," demikian Vladimir Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com