Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitler Dicoret sebagai Warga Kehormatan

Kompas.com - 19/12/2013, 09:07 WIB
Dewan kota Bavaria di Jerman secara bulat mencabut Adolf Hitler sebagai warga kehormatan, gelar yang diberikan 80 tahun lalu. Pekan lalu dewan kota menolak untuk mempertahankan pemberian gelar itu.

Masalah ini muncul dua minggu lalu setelah seorang pakar arsip menemukan dokumen yang menunjukkan bahwa Hitler dan presiden Paul von Hinderburg mendapatkan gelar warga kehormatan kota Dietramszell pada tahun 1933. Dewan sempat mencapai kebuntuan karena suara yang menolak dan ingin mempertahankan sama kuat.

Anggota dewan kota yang menolak mengatakan bahwa mereka tidak bisa menulis ulang sejarah.

Namun, pejabat dewan kota Thomas Gerg mengatakan dalam pertemuan kedua, dewan memutuskan untuk mencabut gelar untuk Hitler dan Von Hinderburg dengan suara bulat.

Kesepakatan bulat ini tercapai setelah dewan mendengarkan kesaksian seorang perempuan yang kehilangan anggota keluarganya dalam holocaust.

Pekan lalu, satu institut di Jerman mengatakan akan tetap menerbitkan buku Adolf Hitler tentang manifesto Nazi walaupun mendapatkan penentangan dari negara bagian Bavaria yang memiliki hak cipta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com