Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Apartemen Gratis, 42 Warga Swedia Rela Ganti Nama

Kompas.com - 18/12/2013, 21:54 WIB
STOCKHOLM, KOMPAS.com - Sebanyak 42 warga Swedia mengganti nama mereka dengan nama Jerman, Klaus-Heidi. Alasan penggantian nama itu terkait sayembara yang digelar maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa.

Lufthansa akan menghadiahi pemenang sayembara itu tiket gratis ke Berlin dan sewa apartemen gratis selama setahun di ibu kota Jerman itu.

"Tapi ada syaratnya, Anda harus mengganti nama Anda menjadi Klaus-Heidi," kata spesialis pemasaran Lufthansa, Magnus Engvall.

Ternyata, tantangan Lufthansa itu mendapat sambutan hangat warga Swedia yang sebenarnya ditujukan untuk mempromosikan rute baru Stockholm-Berlin. Bahkan, antusiasme warga melebihi target yang diharapkan.

"Kami awalnya memprediksi tak ada orang yang akan ikut tantangan ini saat ide ini muncul," kata Engvall.

Dalam situs resminya, Lufthansa memilih nama Klaus-Heidi dipilih karena nama itu adalah gabungan dua nama Jerman. Hanya sepekan setelah kompetisi ini diluncurkan pada Oktober lalu, pemerintah Swedia memastikan perubahan nama pertama.

Syarat lainnya untuk ikut sayembara ini, peserta harus mengirimkan bukti perubahan nama dan sebuah surat berisi alasan mengapa ingin pindah ke Berlin.

Setelah diundi, pemenang kompetisi unik ini adalah Michael Klaus-Heidi Andersson (24). Selain mendapatkan tiket gratis ke Berlin dan apartemen gratis, dia juga mendapatkan kursus bahasa Jerman gratis dan sebuah sepeda yang dihiasi nama barunya.

"Saya sangat bahagia saat dinyatakan sebagai pemenang," kata Andersson, yang mengirim sebuah sajak yang didedikasikan untuk Jerman sebagai bentuk surat motivasinya.

Setelah menang, Andersson tidak berencana untuk mengubah kembali namanya. "Bahkan jika saya tidak menang, saya tetap akan menggunakan nama itu," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com