Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Anggarkan Rp 98 Triliun untuk Rehabilitasi Daerah Bencana

Kompas.com - 18/12/2013, 15:29 WIB
MANILA, KOMPAS.com — Pemerintah Filipina, Rabu (18/12/2013), meluncurkan rencana rehabilitasi pascabencana topan Haiyan dengan biaya 8,17 miliar dollar AS atau sekitar Rp 98 triliun.

Anggaran itu akan digunakan untuk mengembalikan kehidupan jutaan orang yang menjadi tunawisma bencana tersebut dan meningkatkan kemampuan negeri itu dalam menghadapi bencana lain.

Sehari setelah Filipina mengakhiri masa berkabung selama 40 hari untuk mengenang ribuan korban tewas akibat terjangan Haiyan, Presiden Benigno Aquino menyerukan lebih banyak bantuan asing dan swasta untuk merehabilitasi ratusan komunitas yang hancur.

"Pekerjaan yang ada di hadapan kita adalah memastikan masyarakat kembali bangkit dan lebih kuat dari sebelumnya," kata Aquino di hadapan para diplomat asing.

Terjangan topan Haiyan berkekuatan 315 kilometer per jam membuat setidaknya 8.000 orang tewas atau hilang di kawasan seluas Portugal di wilayah tengah Filipina.

Tak hanya itu, gelombang laut raksasa menghancurkan 1,2 juta rumah, mengakibatkan 4,4 juta orang di salah satu wilayah termiskin di Filipina itu tak mempunyai tempat tinggal.

Bencana ini juga mengakibatkan setidaknya enam juta lapangan kerja hilang dan memangkas pertumbuhan ekonomi Filipina tahun ini dan tahun depan sebesar 0,3 persen.

Presiden Aquino menambahkan, bencana topan Haiyan yang merupakan salah satu yang terhebat di Filipina mengakibatkan kerugian hingga 12,9 miliar dollar AS.

Departemen Perencanaan Ekonomi Filipina mengatakan, dana rehabilitasi sebesar 8,17 miliar dollar AS itu akan dikucurkan bertahap selama empat tahun hingga 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com