Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak di Ibu Kota Kongo, 22 Tewas

Kompas.com - 17/12/2013, 16:57 WIB
BRAZZAVILE, KOMPAS.com — Sedikitnya 22 orang tewas dalam baku tembak di ibu kota Kongo, Brazzavile, Senin (16/12/2013), antara sejumlah prajurit dan para pengawal seorang perwira tinggi angkatan darat.

"22 jenazah dibawa ke sini dari lokasi baku tembak," kata seorang sumber di sebuah kamar mayat, Selasa (17/12/2013).

Baku tembak itu terjadi di sekitar kediaman seorang kolonel di Brazzaville. Insiden itu memicu kepanikan di ibu kota Kongo tersebut.

Baku tembak berawal ketika sejumlah prajurit datang untuk menahan Kolonel Marcel Tsorou, seorang mantan penasihat keamanan pemerintah yang dihukum kerja paksa selama lima tahun terkait ledakan di sebuah gudang amunisi.

Penyebab terjadinya tembak-menembak sejauh ini belum jelas, tetapi diduga para pengawal Kolonel Tsourou menolak penangkapan itu.

"Kolonel Marcel Tsourou kini sudah menyerah dan sudah berada dalam tahanan angkatan darat Kongo," kata kepala kepolisian Jean-Francis Ndenguet.

Berdasarkan catatan pemerintah, ledakan gudang amunisi di kawasan Mpila pada 4 Maret 2012 mengakibatkan sedikitnya 300 orang tewas dan melukai 17.000 orang lainnya.

Insiden yang merupakan salah satu bencana terburuk dalam sejarah negeri itu mengakibatkan enam perwira militer dihukum, termasuk Tsourou.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com