Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang Senin, Kekerasan di Irak Tewaskan 66 Orang

Kompas.com - 17/12/2013, 02:01 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

BAGHDAD, KOMPAS.com — Bom mobil meledak di kota ziarah di dekat Baghdad, Irak, serta serangan militan ke markas dewan kota dan kantor polisi, Senin (16/12/2013), menewaskan 66 orang.

Dua bom mobil itu meledak di daerah Rashid, di selatan Baghdad, menewaskan setidaknya 22 orang dan melukai 52 orang yang lain.

Sementara serangan ke markas dewan kota terjadi di Tikrit. Para militan kemudian menduduki kantor itu, dengan para pegawai menjadi sandera.

Pasukan keamanan Irak mengepung gedung itu. "Semua sandera, 40 orang, dibebaskan dari dalam gedung," kata Juru Bicara Layanan Kontra-Terorisme Irak, Sabah Noori. Satu pelaku serangan tewas bersama bom bunuh diri dan dua penyerang lain meledakkan diri.

Seorang petugas polisi dan dokter setempat mengatakan satu anggota dewan kota dan dua polisi tewas dalam insiden di Tikrit. Namun, belum ada rincian lebih lanjut apakah korban jiwa jatuh pada serangan awal atau pasukan keamanan berusaha mengambil alih kembali kantor itu.

Serangan ke kantor dewan kota terjadi setelah bom bunuh diri menyasar kantor polisi di kota Baiji, juga di provinsi Salaheddin. Satu orang pelaku bunuh diri meledakkan mobil di gerbang kantor polisi. Tiga penyerang kemudian menyerbu kantor itu, menembak mati seorang perwira dan seorang polisi yang berada di dalam kantor.

Pasukan keamanan Irak yang merebut kembali kantor polisi Baiji, menembak mati satu pelaku penyerangan, sementara dua pelaku lain meledakkan diri. Di dekat Tikrit, dua polisi penjaga kilang minyak tewas dan tiga lainnya terluka karena serangan bom di selatan kota Kirkuk.

Bus diserang

Serangan mematikan kedua pada Senin terjadi di Mosul. Militan menembak mati 12 orang penumpang bus. Lima bom mobil lain lain juga meledak di sekitar Baghdad, menewaskan sedikitnya 17 orang dan melukai 43 orang yang lain.

Satu bom mobil meledak di dekat tempat parkir yang berdekatan dengan markas dewan kota Baghdad. Empat orang tewas dalam insiden ini.

Serangan di sekitar Baghdad ini merupakan kelanjutan dari serangkaian serangan yang terjadi Minggu (15/12/2013), dengan 11 orang tewas, termasuk seorang penyiar televisi dan keluarga beranggotakan lima orang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com