Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Neo-Nazi Serang Demo Anti-Rasialisme, 28 Ditahan

Kompas.com - 16/12/2013, 04:47 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNN

STOCKHOLM, KOMPAS.com — Sekelompok orang diduga dari kelompok ekstremis sayap kanan, Minggu (15/12/2013), menyerang pengunjuk rasa anti-rasialisme di Stockholm, Swedia.

Serangan dilakukan menggunakan batu, botol, dan kembang api. Penyerang berjumlah sekitar 40 orang dan demonstran anti-rasialisme sekitar 200 orang.

Demonstrasi yang mendapatkan serangan digelar kelompok terorganisasi yang melakukan unjuk rasa hukum menentang rasialisme dan perkembangan sentimen neo-Nazi di kawasan itu.

Juru Bicara Kepolisian Stockholm, Sven-Erik Olsson, mengatakan, dua demonstran dan dua polisi dilarikan ke rumah sakit akibat insiden itu.

Olsson mengatakan pula bahwa 28 penangkapan terjadi dengan tuduhan maksimal berupa percobaan pembunuhan dikenakan kepada kelompok penyerang. Dia mengatakan kemungkinan penambahan hukuman juga terbuka.

Menurut Olsson, para penyerang ditangkap karena menyerang dan melakukan kekerasan terhadap perwira polisi.

Demonstrasi anti-rasialisme tersebut berlangsung di daerah Kalltorp. Kawasan ini dipilih karena marak aksi grafiti neo-Nazi pada bangunan setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com