Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Wartawan Tewas Ditembak di Irak

Kompas.com - 16/12/2013, 00:14 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
BAGHDAD, KOMPAS.com — Seorang penyiar televisi, Nawras al-Nuaimi, tewas ditembak segerombolan orang bersenjata di Irak utara, Minggu (15/12/2013). Dia adalah wartawati TV Al-Mosuliyah.

Menurut pernyataan Al-Mosuliyah, Nawras menjadi jurnalis keenam yang dibunuh di Irak, sejak Oktober 2013. Kepolisian setempat menyatakan Nawras ditembak di dekat rumahnya, di Mosul.

Di Mosul, Nawras merupakan jurnalis kelima yang tewas ditembak. Pada 5 Desember 2013, Kawa Ahmed Germyani, redaktur pelaksana majalah Rayal dan koresponden koran Awene, ditembak mati di depan ibunya di Sulaimaniyah, di wilayah otonom Kurdistan.

Sementara pada November 2013, Alaa Edwar, wartawan dari jaringan televisi al-Ghad Nineveh, ditembak mati pula di Mosul. Berikutnya, juru kamera televisi al-Mosuliyah, Bashar Abdulqader Najm serta dua wartawan dari saluran televisi Sharqiya, Mohammed Karim al-Badrani dan Mohammed Ghanem, ditembak mati pada Oktober 2013 di Mosul.

Irak menempati peringkat pertama kasus pembunuhan wartawan yang tak terungkap, berdasarkan pemeringkatan Committee to Protect Journalists' Impunitas Index.

Sejak 2008, kekerasan terus terjadi di Irak. Sepanjang 2013 saja, lebih dari 6.400 orang sudah tewas karena kasus kekerasan, berdasarkan data AFP, mengutip sumber keamanan dan medis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com