Rabu, 24 September 2014

News / Internasional

Kapal Perang AS dan China Nyaris Tabrakan di Laut China Selatan

Minggu, 15 Desember 2013 | 03:37 WIB
AP Photo Seorang pelaut China sedang memantau situasi dari atas geladak kapal induk Liaoning dalam sebuah latihan pada Nomber lalu di Laut China Selatan.
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Sebuah kapal penjelajah AS yang beroperasi di perairan internasional nyaris bertabrakan dengan sebuah kapal perang China di Laut China Selatan pekan lalu. Demikian disampaikan Armada Pasifik AS, Sabtu (14/12/2013).

USS Cowpens tengah berlayar tak jauh dari kapal induk China Liaoning, pada 5 Desember 2013. Saat itulah, sebuah kapal perang China lainnya datang mendekati USS Cowpens. Kapal perang AS itu harus melakukan manuver ekstrem demi menghindari tabrakan.

"Tampaknya komunikasi antar-anjungan yang efektif antara awak kapal AS dan China membuat kedua kapal bermanuver untuk menghindari tabrakan," kata seorang pejabat Kemenhan AS yang tak ingin disebutkan namanya.

Saat ditanya apakah kapal perang China yang bergerak mendekati USS Cowpens terlihat memiliki niat untuk menyerang, pejabat Kemenhan itu tak ingin berspekulasi.

"Amerika Serikat sudah memiliki komitmen jelas yang membangun hubungan militer yang stabil dan berkelanjutan dengan China," ujar dia.

USS Cowpens selama beberapa waktu berada di wilayah Filipina untuk membantu proses pemulihan pasca-bencana Topan Haiyan pada November lalu.

Angkatan Laut AS mengatakan, USS Cowpens berada di Laut China Selatan untuk melakukan operasi rutin saat insiden itu terjadi.

Militer China mengirim kapal induk Liaoning ke Laut China Selatan di tengah perdebatan soal zona pertahanan udara yang mencakup sejumlah pulau kecil yang menjadi sengketa antara Jepang dan China.


Editor : Ervan Hardoko
Sumber: The Guardian