Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kawasan Bencana Topan Haiyan, 30 Jenazah Ditemukan Setiap Hari

Kompas.com - 13/12/2013, 18:07 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Sekitar 30 jenazah ditemukan setiap hari di kawasan bencana Topan Haiyan, Filipina, lebih dari satu bulan setelah bencana dahsyat tersebut menghancurkan wilayah tengah negeri itu.

Para pejabat badan penanggulangan bencana Filipina mengatakan, jumlah korban meninggal akibat bencana itu tercatat lebih dari 6.000 orang, sementara 1.800 lainnya masih dinyatakan hilang.

Berdasarkan jumlah korban itu, Topan Haiyan—yang melanda November lalu—merupakan bencana terparah yang tercatat di Filipina.

Pemerintah memperkirakan upaya pembangunan kembali rumah untuk lebih dari 16 juta jiwa akan memakan waktu paling tidak tiga tahun.

"Regu pencari menemukan 27 jenazah di kota yang paling parah terkena bencana, Tacloban," kata juru bicara Badan Penanganan Bencana Filipina, Reynaldo Balido.

Balido mengatakan, identifikasi antara 20-30 mayat yang ditemukan setiap hari sangat sulit dan memakan waktu karena jenazah ditemukan dalam kondisi sudah membusuk. Temuan jenazah pada Kamis (12/12/2013) malam itu meningkatkan jumlah korban tewas menjadi 6.009 orang.

Sementara itu, Menteri Kesejahteraan Sosial Corazon Soliman mengatakan, rumah-rumah sementara dan penampungan darurat tengah dibangun. Korban gempa juga mendapatkan bantuan uang tunai sebagai imbalan kerja mereka untuk membantu mendistribusikan bantuan.

"Kami akan memberikan bahan-bahan untuk membangun rumah mereka, tetapi kami menekankan kepada pemerintah daerah bahwa perumahan baru harus dibangun paling tidak 40 meter dari garis batas air pasang di laut," kata Soliman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com