Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drone" Hantam Rombongan Pernikahan di Yaman, 17 Tewas

Kompas.com - 13/12/2013, 16:24 WIB
SANAA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat terbang tanpa awak alias drone AS menyerang sebuah iring-iringan rombongan pernikahan di Yaman, menewaskan 17 orang yang sebagian besar warga sipil. Demikian aparat setempat menjelaskan, Jumat (13/12/2013).

Sejumlah korban yang tewas dalam serangan pada Kamis (12/12/2013), di kota Radaa, Yaman tengah, diduga adalah anggota Al-Qaeda. Namun korban tewas lainnya adalah warga sipil yang tak ada hubungannya dengan organisasi itu.

Dua di antara korban tewas itu adalah Saleh al-Tays dan Abdullah al-Tays. Keduanya masuk ke dalam daftar tersangka anggota Al-Qaeda yang dikejar pemerintah Yaman.

Namun, korban tewas lainnya adalah anggota keluarga Al-Tays dan Al-Ameri yang tengah dalam perjalanan menuju ke sebuah pesta pernikahan.

Seorang petugas keamanan Yaman mengatakan satu roket yang dilepaskan drone AS itu tepat menghantam sebuah mobil yang membawa 10 orang penumpang. Satu roket lainnya menghantam dekat iring-iringan itu.

Militer AS mengoperasikan drone di Yaman untuk mendukung upaya pemerintah negeri itu memberantas Al-Qaeda. Sejauh ini, operasi drone sudah menewaskan belasang anggota Al-Qaeda setelah penggunaan drone ditingkatkan dalam setahun belakangan ini.

Yaman adalah tanah leluhur Osama bin Laden dan kini menjadi basis Al-Qaeda Semenanjung Arab (AQAP), yang oleh AS dianggap sebagai jaringan teroris paling berbahaya di dunia.

Namun, sejumlah kalangan menganggap serangan drone tidak terlalu efektif karena korbannya kebanyakan adalah warga sipil. Sejauh ini tak ada data resmi soal korban serangan drone AS di Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com