Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerusalem Dihantam Badai Salju Terkuat Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 13/12/2013, 16:01 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Kota Jerusalem, Jumat (13/12/2013), lumpuh akibat badai salju yang terkuat sepanjang sejarah kota itu. Akibatnya, banyak kendaraan bermotor terjebak salju di jalanan kota.

"Kami sedang berjuang melawan badai salju dengan kekuatan yang jarang terjadi," kata Wali Kota Jerusalem Nil Barkat.

Bahkan Wali Kota sampai meminta angkatan darat turun tangan untuk membantu pengendara mobil yang terjebak salju. Pemerintah kota sudah menyiapkan tempat berlindung bagi 540 pengendara mobil yang terjebak salju di gedung pertemuan internasional kota itu.

Di pusat kota suci Jerusalem, tumpukan salju mencapai ketebalan hingga 37 sentimeter, sedangkan di kawasan luar kota tua tumpukan salju jauh lebih dalam.

Suhu di Jerusalem juga turun drastis dan pada Jumat diperkirakan suhu maksimal di kota bersejarah itu hanya akan mencapai dua derajat celsius dan akan turun hingga di bawah titik beku pada malam hari.

Sekolah-sekolah menghentikan proses belajar mengajarnya dan sebagian besar warga kota dianjurkan untuk tetap berada di dalam rumah.

Jalan utama Jerusalem yang menanjak sekitar 795 meter di atas permukaan laut juga ditutup dan polisi mengimbau para pengguna jalan agar tidak menggunakan jalan tersebut. Sebagian besar jalan di dalam kota juga tak bisa dilalui.

Prakiraan cuaca menyebutkan, salju yang turun sejak Kamis masih akan berlanjut hingga Sabtu (14/12/2013). Tak hanya Jerusalem yang diterjang badai salju, kota-kota lain di sekitarnya seperti Ramallah dan Bethlehem juga bernasib sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com