Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Dilarang Pakai iPhone demi Alasan Keamanan

Kompas.com - 13/12/2013, 11:04 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Produsen telepon seluler BlackBerry yang sedang mengalami kesulitan keuangan paling tidak masih memiliki satu pelanggan sangat setia, Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Dalam sebuah pertemuan dengan kelompok anak muda, Rabu (4/12/2013), untuk mempromosikan undang-undang kesehatan yang diusulkannya, Obama mengatakan ia tidak diperbolehkan menggunakan ponsel pintar Apple, iPhone, karena “alasan keamanan” meski ia masih menggunakan komputer tablet Apple, iPad.

Apple merupakan salah satu dari beberapa perusahaan teknologi yang telah memberikan Badan Keamanan Nasional (NSA) akses langsung terhadap server yang berisi data pelanggan, menurut pengakuan dari mantan kontraktor NSA, Edward Snowden. Perusahaan-perusahaan tersebut telah menyangkal laporan itu.

Obama berkeras memegang sendiri BlackBerry-nya setelah menjadi presiden pada 2009, meski ia mengatakan bahwa hanya 10 orang yang memiliki alamat surat elektronik pribadinya. Baik George W Bush maupun Bill Clinton tidak menggunakan surat elektronik dalam masa jabatan mereka.

BlackBerry, sebuah perusahaan Kanada yang sebelumnya dikenal sebagai Research In Motion Ltd, menciptakan konsep surat elektronik berjalan, tetapi kehilangan cengkeramannya di pasar saat para pesaing muncul dengan alat-alat yang lebih mudah dipakai, seperti iPhone dari Apple dan telepon-telepon yang menggunakan sistem perangkat lunak Google, Android.

Perusahaan tersebut baru-baru ini menghentikan rencana untuk dijual dan mencoba babak baru dengan memfokuskan diri pada klien-klien perusahaan besar dan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com