Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan PBB: Senjata Kimia Positif Dipakai di 5 Lokasi di Suriah

Kompas.com - 13/12/2013, 08:28 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

NEW YORK, KOMPAS.com — Laporan PBB yang dirilis Kamis (12/12/2013) waktu setempat menyatakan senjata kimia telah dipakai di Suriah, sekurangnya di lima lokasi selama konflik horizontal di negara itu. Laporan juga menyebutkan bahwa anak-anak turut menjadi korban selama konflik itu.

"Misi PBB (untuk senjata kimia di Suriah) menyimpulkan senjata kimia telah digunakan dalam konflik yang sedang berlangsung antara pihak-pihak di Suriah," tulis laporan yang disusun oleh tim ahli pimpinan pakar Swedia, Ake Sellstrom.

Bukti kuat dan bukti konsisten, kata laporan itu, menjadi dasar kesimpulan telah digunakannya senjata kimia di Ghouta, Khan Al Asal, Jobar, Saraqueb, dan Ashrafieh Sahnaya. Namun, laporan itu mengatakan tak ada cukup bukti penggunaan senjata kimia di dua lokasi lain, Bahhariyeh dan Sheik Maqsood.

Meski demikian, laporan itu—seperti halnya laporan lain yang pernah ada—tak menyebutkan kubu yang harus bertanggung jawab atas penggunaan senjata kimia di Suriah. Alasannya, mandat misi dari Dewan Keamanan PBB terkait penggunaan senjata kimia di Suriah tak memberikan kewenangan sampai ke pelaku.

Presiden Suriah Bashar al-Assad mengakui pasukannya memiliki senjata kimia dan telah bersedia menyerahkan senjata mematikan itu ke dalam pengawasan internasional. Namun, Assad membantah keras telah menggunakan senjata itu untuk menargetkan warga sipil.

Tudingan penggunaan senjata kimia dan bahkan menyasar warga sipil oleh rezim Assad datang dari Barat, Arab, oposisi, dan pegiat hak asasi manusia. Sebaliknya, sekutu Assad dari Rusia dan Iran menuding bahwa kubu oposisi yang telah memakai senjata terlarang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com