Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyetir Mobil Sendiri, Dua Wanita Saudi Ditahan Polisi

Kompas.com - 12/12/2013, 17:22 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Dua orang wanita Arab Saudi ditahan polisi setelah mengemudikan mobil tanpa pendamping pria di jalanan kota Riyadh. Demikian dilaporkan situs berita Khabar 24, Kamis (12/12/2013).

Tak hanya itu, kedua wanita itu menolak perintah polisi untuk menghubungi kerabat pria mereka agar bisa membawa mereka pulang ke rumah.

Kedua wanita itu, Azza Al Shamsi dan Baria Al Zubaidi, tertangkap basah sedang mengemudikan mobil di dekat sebuah pusat perbelanjaan.

Saat itu Azza yang mengemudi, sementara Baria merekam aksi temannya itu dengan sebuah kamera video.

Saat keduanya dibawa ke kantor polisi terdekat, mereka menolak menghubungi kerabat pria, seperti yang lazim dilakukan di kerajaan itu.

Keduanya beralasan bahwa mereka adalah wanita dewasa yang secara hukum bisa bertanggung jawab atas tindakan mereka dan tidak membutuhkan penjaga.

Sumber aparat keamanan yang dikutip situs Khabar 24 mengatakan, kedua wanita itu tampaknya memang rela ditahan demi mempertahankan hak mereka mengemudikan mobil.

Di Arab Saudi, wanita yang tidak memiliki surat izin mengemudi dilarang mengemudikan mobil sendiri dan, jika melakukannya, maka polisi akan menahan para wanita itu.

Biasanya, setelah ditahan, polisi akan melepaskan mereka setelah menandatangani perjanjian bahwa mereka tidak akan mengemudikan mobil tanpa pengawasan kerabat pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com