Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Perancis Khawatir Perang Saudara di Afrika Tengah

Kompas.com - 12/12/2013, 09:03 WIB
Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan, ada risiko "perang saudara" di Republik Afrika Tengah (CAR), di mana pasukan Perancis kini berupaya melucuti senjata milisi dan mencegah memuncaknya aksi kekerasan.

Hollande menyampaikan, pernyataan ini dalam persinggahan singkat ke ibu kota Bangui, setelah menghadiri upacara mengenang Nelson Mandela di Afrika Selatan.

Hollande juga memberi tahu tentara Perancis bahwa tujuan segera mereka di Republik Afrika Tengah itu adalah untuk membatasi dan melucuti milisi dan mencegah bentrokan-bentrokan.

Ia juga menyampaikan belasungkawa kepada dua tentara Perancis yang ditembak mati oleh kawanan bersenjata tak dikenal Rabu (11/12/2013) pagi.

Sekitar 1.600 personel tentara Perancis kini bekerja sama dengan pasukan negara-negara Afrika di Republik Afrika Tengah sebagai bagian dari upaya melaksanakan mandat PBB untuk memulihkan keamanan dan melindungi warga sipil.

Ratusan orang tewas di Bangui pekan lalu, selagi Dewan Keamanan PBB memerintahkan kehadiran pasukan negara-negara Afrika dan Perancis yang lebih besar di Republik Afrika Tengah itu.

Negara itu menjadi tidak terkuasai lagi setelah pemberontak yang sebagian besar Muslim—dan dikenal sebagai Seleka—menggulingkan Presiden Francois Bozize bulan Maret lalu.

Aksi penjarahan dan pembunuhan berbulan-bulan telah memicu pembalasan oleh sekutu-sekutu Bozize dan kelompok militan Kristen yang dikenal sebagai anti-balaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com