Roberto Schmidt, Perekam Aksi "Selfie" Barack Obama - Kompas.com

Roberto Schmidt, Perekam Aksi "Selfie" Barack Obama

Kompas.com - 11/12/2013, 23:12 WIB
ROBERTO SCHMIDT/AFP Presiden AS Barack Obama mengambil foto diri sendiri (selfi) dengan PM Inggris, David Cameron, dan PM Denmark, Helle Thorning-Schmidt saat upacara mengenang Nelson Mandela di Afrika Selatan, Selasa (10/12).
JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Orang yang "bertanggung jawab" atas tersebarnya foto selfie Presiden AS Barack Obama, PM Inggris David Cameron, dan PM Denmark Helle Thorning-Schmidt adalah fotografer AFP, Roberto Schmidt.

Fotografer berdarah Kolombia-Jerman itu mengaku terus mengikuti gerak-gerik Presiden Obama setelah memberikan pidatonya dalam upacara mengenang Nelson Mandela di Stadion FNB, Soweto.

Setelah berpidato itulah, kemudian Obama duduk bersama PM Cameron dan PM Thorning-Schmidt. Lalu, tiba-tiba PM Denmark itu mengeluarkan ponselnya dan tersenyum sambil mengambil foto mereka bertiga.

"Saya mengambil foto itu secara spontan, tanpa memikirkan dampaknya kemudian. Saya hanya berpikir, bagus juga melihat sisi humanistis para pemimpin dunia yang selama ini lekat dengan aturan ketat," ujar Roberto lewat blognya.

Salah satu foto yang menjadi heboh di dunia maya adalah saat Presiden Obama terlihat bercanda akrab dengan PM Denmark Thorning-Schmidt. Sementara di sisi lain, Michelle Obama tertangkap kamera dengan wajah keras dan memandang tajam ke arah PM Denmark.

Roberto mengatakan, ekspresi wajah Michelle Obama itu tertangkap kamera secara tidak sengaja. "Tetapi, foto terkadang bisa berbohong," kata Roberto.

"Kenyataannya, beberapa menit sebelumnya, Michelle Obama juga terlihat akrab bercanda dengan orang-orang di sekitarnya, termasuk PM Denmark dan PM David Cameron," lanjut Roberto.

Mereka yang hanya melihat foto tersebut bisa langsung menilai bahwa Michelle Obama sama sekali tidak senang dengan situasi yang terjadi, apalagi di tengah sebuah acara bersejarah seperti itu.

Yang jelas, Roberto mengaku menyesal karena akibat satu foto selfie Obama yang diperolehnya itu, hasil kerja keras tim fotografer AFP yang merekam warga Afsel yang berduka seakan terabaikan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM