Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaukus Ekonomi ASEAN Syaratkan Pembangunan Infrastruktur

Kompas.com - 11/12/2013, 19:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Realisasi Kaukus Ekonomi ASEAN dua tahun mendatangkan memerlukan syarat pembangunan infrastruktur di seluruh negara-negara anggotanya. Hal itu menjadi salah satu bagian mengemuka dalam pertemuan Indonesia Infrastructure Finance (IIF) pada Rabu (11/12/2013). Sejauh ini, kata Presiden Direktur IIF Kartika Wirjoatmodjo, pihaknya mematok target pendanaan infrastruktur hingga Rp 2,7 triliun sampai dengan akhir 2013.

Menurut Kartika, IIF, salah satunya, telah menyediakan fasilitas pembiayaan jangka panjang dalam bentuk senior loan (pinjaman jangka panjang) dan mezzanine (pinjaman subordinasi atau pinjaman kuasi ekuitas), dan menyediakan jasa konsultasi sebagai penasihat pembiayaan untuk investor proyek baik untuk pemerintah daerah maupun lembaga dan kementerian.

Dalam hal pembiayaan, IIF berpartisipasi menyediakan dana untuk proyek pembangkit tenaga listrik, penyediaan air bersih, telekomunikasi, jalan tol dan infrastruktur transportasi udara.  Sampai dengan akhir November 2013 nilai komitmen telah mencapai Rp 2 triliun.

Sementara itu, pada 2014 IIF menargetkan semakin aktif membiayai berbagai proyek. Selain peningkatan komitmen pendanaan melebihi Rp. 4 triliun, IIF juga akan memperluas fokus sektoral seperti kepada sektor pelabuhan dan infrastruktur distribusi gas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com