Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos CIA "Tak Sengaja" Ungkap Detail Penangkapan Osama di Depan Penulis Skenario

Kompas.com - 11/12/2013, 15:59 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Sebuah dokumen rahasia yang dibuka untuk publik menunjukkan mantan Direktur CIA Leon Panetta mengungkap informasi rahasia kepada penulis naskah film Zero Dark Thirty, Mark Boal.

Rahasia itu diungkapkan Panetta dalam sebuah pidato di markas CIA, menandai penyerbuan di Abottabad, Pakistan, yang menewaskan pimpinan Al Qaeda, Osama bin Laden.

Lewat juru bicaranya, Panetta mengatakan, dia tak mengira Mark Boal hadir di tengah-tengah para pegawai CIA saat itu.

"Saya tak mengetahui orang itu ada di tengah-tengah hadirin," kata Panetta dalam pernyataan resminya.

"Hingga hari ini, bahkan jika dia memasuki ruangan ini, saya tak akan mengenalinya," lanjut Panetta.

Juru bicara Panetta, Jeremy Bash, mengatakan, Panetta berasumsi semua orang yang hadir dan mendengarkan pidatonya seharusnya sudah lolos pemeriksaan keamanan.

Dalam pidato itu, yang kemudian dikutip dokumen yang dipublikasikan tersebut, Panetta menyebutkan nama komandan lapangan pasukan khusus yang melaksanakan penggerebekan di Abottabad.

Sebagian dari naskah pidato Leon Panetta yang dipublikasikan Selasa (10/12/2013) itu masih dicoret dengan tinta hitam.

Publikasi dokumen itu merupakan bagian dari permohonan organisasi Judicial Watch yang meminta publikasi sebanyak lebih dari 200 halaman dokumen yang merupakan hasil investigasi internal tentang peran CIA dalam film Zero Dark Thirty tersebut.

Juru Bicara CIA Dean Boyd mengatakan, lembaga intelijen itu sudah mengubah prosedur dalam interaksinya dengan industri hiburan.

Boyd menambahkan, kini CIA memberlakukan sistem penyimpanan rekaman yang terpusat untuk keperluan industri hiburan. Selain itu, CIA pada awal tahun ini menerbitkan tuntunan lengkap terkait hubungan CIA dengan dunia hiburan.

Sejauh ini, Mark Boal tidak memberikan komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com