Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaun Seksi Aktris Brasil Hebohkan Iran

Kompas.com - 11/12/2013, 10:36 WIB
Sebentuk gaun berpotongan dada rendah yang dikenakan aktris dan fotomodel asal Brasil, Fernanda Lima, dalam acara undian final Piala Dunia 2014 tiba-tiba menjadi pokok bahasan heboh di Iran.

Warga di negara yang penduduknya gemar sepak bola ini sebagian mempersoalkan model baju itu karena dianggap terlalu terbuka hingga muncul seruan agar "dia mengenakan jilbab" meski banyak juga yang membela penampilan seksinya.

Pemirsa acara pengundian grup dalam babak final ini di Iran terpaksa menonton hanya sebagian acara karena sebagian gambar yang menampilkan Lima, dan tubuhnya dalam balutan gaun yang dipersoalkan itu, disensor televisi lokal.

"Sejujurnya, gaun yang dipakai wanita yang mengantar acara itu sama sekali tak memenuhi kaidah penyiaran kami," kata Adel Ferdosipur yang menjadi pembawa acara undian ini di Iran.

Bahkan, untuk acara biasa saja, Pemerintah Iran biasa menyensor tampilan perempuan yang muncul di televisi dengan mengaburkan bajunya atau bahkan mengubah penampakannya di layar secara digital.

Tetapi, sebagian penonton di Iran rupanya tak senang.

Di situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, muncul komentar, candaan, kritik, dan kartun yang mempersoalkan seruan agar Lima memakai jilbab.

Ada yang merasa dirugikan karena gara-gara baju terbuka itu mereka tak menonton undian Piala Dunia dengan utuh.

"Apa Anda akan mati kalau pakai baju yang lebih pantas supaya kami juga dapat menonton acaranya?" tulis seorang warga Iran di halaman Facebook Lima dengan kesal.

Akibat gelombang komentar-komentar negatif ini, halaman Facebook aktris Brasil itu kemudian ditutup.

Messi juga kena

Namun, di luar Iran, nama Fernanda Lima justru jadi tema ternama (trending topic) di Twitter karena alasan sebaliknya. Sudah ada 70.000 kicauan dikirim, banyak di antaranya memuji penampilannya.

Dalam hal bola, Iran tak hanya mempersoalkan Lima saja.

Sebelumnya, bintang bola Lionel Messi juga jadi bulan-bulanan warga setempat setelah sebuah kicauan palsu di Twitter muncul seolah dari Messi yang meledek kemampuan Timnas Iran.

Halaman Facebook pemain bola asal Argentina itu pun banjir kecaman dari Iran.

Meski demikian, selang beberapa jam setelah undian final Piala Dunia, muncul halaman di jejaring media sosial ini meminta maaf kepada dua pesohor itu.

Nama halaman tersebut adalah, "Warga Iran minta maaf kepada Fernanda Lima & Leo Messi".

Halaman ini kini sudah menuai 28.000 jempol like dan ratusan komentar.

Ada yang mengatakan, "Kami sangat menyesal komentar-komentar pedas itu muncul."

Ada juga yang menulis, "Atas nama seluruh warga Iran kami minta maaf."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com