Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Barat Terapkan Kawasan Anti-Hiu

Kompas.com - 10/12/2013, 17:06 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Pemerintah Australia Barat, Selasa (10/12/2013) mulai menerapkan strategi baru untuk mengurangi insiden serangan hiu di wilayahnya. Pemerintah menciptakan kawasan khusus untuk memasang umpan dan membunuh hiu di sejumlah lokasi di dekat pantai populer.

Kawasan  khusus ini diterapkan di sepanjang pantai-pantai di Perth dan pantai di kawasan barat daya dimana hiu dianggap sebagai ancaman dan terbukti telah membunuh manusia dalam beberapa insiden.

Aturan ini diberlakukan menyusul enam insiden serangan hiu mematikan yang terjadi di Australia Barat selama dua tahun terakhir.

Menteri Perikanan Australia Barat, Troy Buswell menguraikan bagaimana barisan tong  akan dibentuk sepanjang satu kilometer dari tepi daerah yang ditetapkan.

Buswell mengatakan pihaknya juga akan menyewa nelayan komersial untuk menangkap dan membunuh hiu yang besarnya lebih dari tiga meter yang masuk ke dalam kawasan khusus tersebut.

"Barisan drum itu diharapkan efektif menangkap hiu dan dalam pandangan saya jika kita menangkap hiu yang berada di dalam zona atau berada di dekat  pantai, maka dengan penetapan kawasan ini pantai menjadi lebih aman,” katanya.

Diprotes penyayang satwa

Buswell menolak kritik yang menyebut strategi baru yang diterapkannya itu dianggap sebagai kebijakan pemusnahan hiu. Namun pakar kebijakan satwa hiu, Christopher Neff dari Universitas Sydney berkeras strategi itu sama dengan aksi pemusnahan.

Neff juga menilai tidak ada bukti yang menunjukan kalau penetapan zona khusus itu terbukti ampuh meningkatkan keamanan pantai-pantai dari serangan hiu.

"Saya kira kebijakan ini sangat patut disayangkan, kebijakan ini jelas-jelas merupakan alat yang digunakan untuk membunuh hiu dan mengurangi populasinya. Dan itu adalah definisi dari aksi pemusnahan,” kata Neff.

Sekelompok kecil pemerhati hiu juga memprotes kebijakan yang lebih ketat di parlemen negara bagian.  Presiden Konservasi Australia Barat, Ross Weir, mengatakan hiu tidak seharusnya dibunuh.

"Sudah terbukti kalau membunuh individu hiu putih besar menimbulkan dampak serius dan membahayakan spesies ini,”katanya.

Sementara itu Direktur Lembaga Gembala Laut Australia, Jeff Hansen mengatakan kelompoknya akan memeriksa keabsahan kebijakan seputar spesies hiu yang dilindungi. Menurutnya hiu putih besar sangat rentan dan merupakan spesies langka.

"Faktanya adalah lautan tanpa hiu seperti planet tanpa orang,” katanya.

"Kita butuh hiu untuk ketahanan hidup kita dan kita harus menghormati mereka agar mereka bisa tetap dilihat oleh anak cucu kita dan mereka juga bisa melihat anak-anaknya,” jelasnya mengingatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com