Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agen CIA Pernah Dibui 20 Tahun di China

Kompas.com - 10/12/2013, 10:25 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Direktur CIA, John Brennan, mengetahui dua mantan agen intelijen yang menghabiskan waktu lebih dari 20 tahun dipenjara di China setelah pesawat mereka ditembak jatuh. Demikian pengumuman badan itu Senin (9/12/2013).

Kedua agen tersebut, John Downey dan Richard Fecteau, dianugerahi "Distinguished Intelijen Cross," penghargaan tertinggi CIA, dalam sebuah upacara yang diadakan pada November lalu. Demikian kata CIA dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah misi pada November 1952, kedua orang itu mencoba untuk mengambil seorang agen dari wilayah China, dengan menerbangkan pesawat dekat dengan permukaan tanah sehingga memungkinkan agen itu terangkut ke pesawat.

"Agen, yang tanpa sepengetahuan CIA telah bersekutu dengan China, sudah menjanjikan informasi berharga dalam pesan rahasia ke lembaga yang mengirimnya," kata CIA dalam pernyataannya.

Ketika pesawat menukik turun untuk menangkapnya, "tembakan antipesawat dari pihak China meletus". Pesawat itu pun jatuh.

Dua anggota tim itu tewas, tetapi Downey dan Fecteau selamat. Setelah berminggu-minggu berlalu tanpa kontak, CIA menganggap mereka telah tewas.

Keluarga mereka dikirimi surat yang menyatakan bahwa mereka telah meninggal dalam kecelakaan pada penerbangan komersial. Namun, dua tahun kemudian, ketika Pemerintah China memulai sebuah pengadilan yang terbuka, CIA akhirnya mengetahui bahwa kedua orang itu masih hidup. Pengadilan China menghukum Downey dengan hukuman penjara seumur hidup dan Fecteau dengan hukuman 20 tahun.

Selagi dipenjara, Fecteau diinterogasi, diminta untuk memberikan nama-nama sesama agen CIA, tetapi dia menolak. "Fecteau memberikan banyak deskripsi fisik dan nama, yang semuanya milik anggota tim sepak bola Universitas Boston," kata pernyataan tersebut.

"Kedua pria itu tetap di tahanan sampai pada pembebasan mereka pada awal tahun 1970-an," kata CIA, tanpa menjelaskan tanggal atau kondisi pembebasan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com