Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Larang Warganya Cari Kerja di Yaman

Kompas.com - 09/12/2013, 16:20 WIB
MANILA, KOMPAS.com — Pemerintah Filipina, Senin (9/12/2013), melarang warga negaranya untuk mencari pekerjaan di Yaman. Larangan itu dikeluarkan menyusul sebuah serangan militan yang menewaskan puluhan orang termasuk tujuh pekerja kesehatan Filipina.

Menteri Luar Negeri Albert del Rosario menambahkan, pemerintah juga berencana untuk membawa pulang sekitar 1.000 warga Filipina yang kini bekerja di Yaman sebagai tenaga medis dan pekerja konstruksi.

Rosario menambahkan, departemen tenaga kerja segera menerapkan larangan penuh bagi warga Filipina yang akan bekerja ke Yaman. Oleh karena itu, warga Filipina yang akan bepergian ke Yaman, untuk tujuan bekerja atau tujuan lainnya, diharap menunda rencana mereka.

Serangan, yang terjadi pada Sabtu (7/12/2013) di Kementerian Pertahanan Yaman dilakukan oleh militan Saudi, menewaskan 56 orang termasuk tujuh warga Filipina.

Pemerintah Filipina mengecam keras serangan itu dan menyebutnya sebagai sebuah tindakan "tak berperasaan dan barbar", serta menyerukan Pemerintah Yaman segera menangkap dalang di balik serangan tersebut.

Sekitar 10 juta warga Filipina bekerja di luar negeri, sebagian besar menjadi pembantu rumah tangga, pekerja kasar, dan pelaut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com