Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

53 Kepala Negara akan Hadiri Pemakaman Nelson Mandela

Kompas.com - 08/12/2013, 21:54 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Sebanyak 53 kepala negara telah memastikan bakal hadir pada acara pemakaman mantan pemimpin Afrika Selatan, Nelson Mandela. Demikian disampaikan oleh Menlu Afrika Selatan Maite Nkoana-Mashabane, Minggu (12/8/2013).

Beberapa nama yang akan hadir di antaranya Presiden AS Barack Obama, bersama dengan tiga mantan presiden sebelumnya. Selain itu juga akan Presiden Brazil Dilma Rousseff, Presiden Prancis Francois Hollande dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Para pemimpin dunia itu akan menghadiri upacara penghormatan terakhir di stasion Soccer City, di mana Mandela untuk terakhir kalinya muncul ke publik selama ajak Piala Dunia 2010. Setelah penghormatan, jenazah Mandela akan dibawa ke desa tempat kelahirannya, di Desa Qunu pekan depan.

Pemimpin lain yang juga diperkirakan akan hadir adalah Sekjend PBB Ban Ki-moon, Kofi Annan, Martti Ahtisaari, Lakhdar Brahimi, Mary Robinson.

Tak ketinggalan, ratu talkshow Oprah Winfrey dan penyanyi U2 sekaligus aktivis Bono beserta Richard Branson dan Peter Gabriel merupakan pesohor yang juga akan datang.

Pemimpin Palestina Mahmud Abbas dan Pangeran Charles yang mewakili Ratu Queen Elizabeth II, juga akan hadir pada peringatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com